Tel: (021)75875943 ext. 1123 Email: sekr-ptrim@bppt.go.id

Sosialisasi Aplikasi Pantau Covid 19 (PC 19) di Lingkungan PTRIM

Pada 9 September 2020 yang lalu, seluruh staff PTRIM mengikuti sosialisasi Aplikasi PC-19 yang diselenggarakan oleh Unit Kerja PTIK BPPT secara daring. Seluruh staff BPPT diwajibkan untuk menggunakan aplikasi ini dalam rangka mendukung upaya tracking, tracing dan testing dalam mendeteksi sebaran kasus Covid-19 di lingkungan BPPT.

Aplikasi PC-19 sendiri adalah aplikasi mobile berbasis Android yang berguna untuk melakukan self assessment kesehatan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membatasi penyebaran virus Covid-19 dengan physical distancing,  dan membantu pemerintah untuk memetakan kluster - kluster penyebaran virus Covid-19. Aplikasi ini menggunakan Bluetooth Low Energi untuk memantau pengguna lain di sekitarnya, dan mengakses basis data pasien ODP/PDP serta hasil self assessment untuk status kesehatan pengguna. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui status kesehatannya dan dapat menghindar dari area yang berpotensi tertular virus Covid-19. Dengan aplikasi ini pemerintah dapat menentukan kluster pasien Covid-19 dengan mengetahui daftar orang - orang yang berdekatan selama 14 hari terakhir.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pendaftaran ke Mobile Laboratorium BSL-2 yang melayani masyarakat dalam melakukan pengujian swab test. 

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat langsung mendaftar layanan ke swab station pada mobile lab hingga mendapat hasil swab yang akan dikirimkan langsung melalui ponsel pintar penggunanya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 guna melakukan update data pasien.

Aplikasi Pantau Covid-19 melengkapi fasilitas Mobile Lab Bio Safety Level-2 yang telah terpasang di rumah sakit Ridwan Meuraksa Jakarta Timur untuk memperkuat ekosistem inovasi penanganan Coronavarius.

Sebagai tambahan, Mobile Lab BSL-2 BPPT merupakan laboratorium pengujian PCR-Covid-19 yang dibuat dari kontainer sehingga bisa dipindah ke daerah-daerah dalam epicenter Covid-19 untuk menjangkau lokasi yang sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

 Mobile Lab BSL 2 ini juga telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19, antara lain peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis.

 

Sumber : https://ptik.bppt.go.id/litbangyasa/pantau-covid-19

Statistik Pengunjung

0.png7.png2.png4.png0.png5.png
Today54
Yesterday90
This week224
This month1979
Total72405

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 2 lantai 3 Kawasan PUSPIPTEK

Setu Tangerang Selatan 15314

Telp : (021)75875943 ext. 1123

Fax  : (021)75791280)

Email : sekr-ptrim@bppt.go.id