Tel: (021)75875943 ext. 1123 Email: sekr-ptrim@bppt.go.id

Inovasi Harbour Tug Dual Fuel

Dalam mendukung Green Port Concept, yang merupakan suatu konsep baru dalam pengembangan pelabuhan berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek kelestarian lingkungan, konservasi energi, community development, dan kepentingan ekonomi dari pelabuhan itu sendiri

Dampak pada kualitas udara lokal terutama terkait dengan polutan seperti NOx dan belerang, sementara gas seperti CO2 memiliki dampak global terhadap iklim. Efek negatif pada kualitas udara lokal dan kesehatan manusia sebagian besar didominasi oleh keberadaan NOx, deposisi asam dan deposisi nitrogen. Emisi NOx juga dapat menyebabkan kelebihan nutrisi dalam badan air, yang dapat mengakibatkan eutrofikasi. Kelebihan nitrogen nutrisi dapat merusak keseimbangan ekosistem yang rapuh, termasuk ekosistem laut. Emisi SO2 juga berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat; khususnya, partikel sulfat dapat menyebabkan asma, bronkitis dan gagal jantung.

Dengan penggunaan dual fuel (Diesel dan LNG) di kapal dapat menurunkan emisi NOx dan SOx, sehingga juga bisa memenuhi standard IMO (International Maritime Organization) Tier III

Disamping itu, untuk pertambahan nilai TKDN maka diperlukan desain dan pembangungan harbour tug dan komponen kapal pendukungnya di industri dalam negeri. Komponen yang dimaksud adalah desain Steerable propeller dan converter kit dual fuel engine.

Harbour tug sendiri merupakan Kapal tunda yaitu kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.


Dengan program inovasi ini diharapkan dapat menghasilkan Harbour Tug Dual Fuel yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi dengan TKDN yang besar.

Statistik Pengunjung

0.png7.png6.png6.png6.png2.png
Today0
Yesterday72
This week534
This month402
Total76662

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 2 lantai 3 Kawasan PUSPIPTEK

Setu Tangerang Selatan 15314

Telp : (021)75875943 ext. 1123

Fax  : (021)75791280)

Email : sekr-ptrim@bppt.go.id