Tel: (021)75875943 ext. 1123 Email: sekr-ptrim@bppt.go.id

Paparkan Rencana Flagship Prioritas Riset Nasional Bidang Maritim Kepada Bappenas, PTRIM Siap Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

BPPT Paparkankan Rencana Flagship Prioritas Riset Nasional Bidang Maritim

Dalam rangka memastikan pelaksanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020 – 2024 Flagship Nasional, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengadakan pembahasan lintas Intitusi untuk membahas Prioritas Riset Nasional dalam Bidang Teknologi Kemaritiman. Acara di laksanakan di Jakarta Tanggal 11 April 2019.

Dalam pembahasan tersebut Direktur PTRIM Taufiq Arif Setyanto menyampaikan terkait dengan usulan Flagship Bidang Maritim yang meliputi 3 sub bidang yakni:

1. Inovasi Teknologi Pengembangan Pelabuhan Smart Ecoport;

2. Inovasi Teknologi Pengembangan Wahana Angkut Anjungan Lepas Pantai Pasca Operasi (ALPO);

3. Inovasi Teknologi Pengembangan Regulasi Pelayaran Nasional. 

Dalam pembahasan tersebut Taufiq menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan yang diusulkan akan dikerjakan bersama sama dengan stake holder serta lintas kementrian. Seperti halnya kegiatan Pengembangan Pelabuhan Smart Ecoport ini akan bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan, terkait penentuan dan rencana  pelabuhan yang akan dibuat menjadi smart ecoport sehingga BPPT dapat mendukung teknologinya.

Untuk Inovasi Wahana Angkut ALPO nanti akan dikerjakan Bersama sama dengan SKK Migas, Kementrian ESDM, Bakamla, dll,

Sedangkan dalam Inovasi Teknologi Pengembangan Regulasi Pelayaran Nasional, Taufiq berharap sejak awal Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sudah terlibat dari awal dalam rangka mengawal proses inovasi dan teknologi terkait dengan aturan regulasi pelayaran. Dalam bidang Inovasi Regulasi Pelayaran Taufiq menambahkan jika aturan terkait keselamat pelayaran ini terwujud akan mampu menurunkan harga kapal baru dan biaya reparasi kapal pada pelayaran domestik Indonesia serta dapat menciptakan kemandirian dan daya saing industri perkapalan nasional, dan mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

Statistik Pengunjung

0.png9.png0.png5.png8.png6.png
Today103
Yesterday111
This week412
This month2626
Total90586

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 2 lantai 3 Kawasan PUSPIPTEK

Setu Tangerang Selatan 15314

Telp : (021)75875943 ext. 1123

Fax  : (021)75791280)

Email : sekr-ptrim@bppt.go.id