Tel: (021)75875943 ext. 1123 Email: sekr-ptrim@bppt.go.id

FGD Revitalisasi Pengembangan Pelabuhan Kendal

 

Pada Kamis, 25 Oktober 2018 lalu bertempat di Ruang Rapat Baperlitbang Kab. Kendal telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) “Revitalisasi Pengembangan Pelabuhan Kendal”. Acara yang menghadirkan Narasumber Kabid Tata Ruang dan Infrastruktur Konektivitas Antarmoda Kemenko Maritim R.I (Ibu Balkis Kusumawati, S.T., MT) tersebut, juga dihadiri oleh :

1)      Direktur PTRIM BPPT

2)      Kepala Baperlitbang Kab. Kendal

3)      Kepala Dinas Perhubungan Kab. Kendal

4)      Kepala DPMPTSP Kab. Kendal

5)      Kebid. Pelayaran Dinas Perhubungan Prov. Jawa Tengah

6)      Kabag. Perekonomian Setda Kendal

7)      Kabag Program dan Anggaran PTRIM-BPPT

8)      Manager Teknis Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

9)      Ka. UPTD Pelabuhan Kendal

10)   Camat Tanjung Pandan Kab. Kendal

 

Tujuan dari acara Focus Group Discussion (FGD) adalah untuk mendapatkan masukan dari instansi terkait pengembangan Pelabuhan Kendal dan menyampaikan hasil riset yang dilakukan oleh PTRIM-BPPT Tahun 2018 dalam melaksanakan implementasi dari Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, dan kemudian ditindaklanjuti dengan adanya Perjanjian kerjasa sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal dengan Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim (PTRIM) mensinergikan kebijakan dan program kerja sesuai kewenangan masing-masing dalam rangka Pengkajian, Penerapan, dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Kendal.

Paparan hasil riset PTRIM-BPPT dipresentasikan oleh Dr. Aprijanto, S.T., M.Si dengan berdasarkan kajian yang dilakukan disampaikan bahwa :

a)    Hasil Perhitungan estimasi dan proyeksi, secara keseluruhan Revitalisasi  pembangunan pengembangan Kawasan Pelabuhan Kendal “Layak” secara finansial.

b)   Pembangunan Pelabuhan Kendal tidak sekedar untuk tujuan profit oriented, melainkan pemerintah mengharapkan bahwa dengan adanya Pembangunan Pelabuhan Kendal dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah dan kawasan sekitarnya.

Acara Focus Group Discussion (FGD), menghasilkan Risalah Rapat  yang disetujui oleh semua peserta FGD sebagai berikut :

1)   Pelabuhan Kendal layak untuk dikembangkan (sesuai kajian Tim BPPT tahun 2018), sehingga diharapkan dapat  dioperasikan dengan persyaratan minimal.

2)   Teridentifikasi permasalahan pengembangan pelabuhan, antara lain pengelola pelabuhan, penganggaran, skema kerja sama operasional, asset, penyediaan infrastruktur pendukung,

3) Tindak lanjut dari butir no. 2 (dua) diharapkan Kemenkomaritim melakukan koordinasi dengan Pemprov. Jateng, Pemkab Kendal dan instansi terkait lainnya dalam mewujudkan pengembangan pelabuhan Kendal.

4)   Perlu dilakukan tindak lanjut studi Kelayakan (Feasibility Study/FS), masterplan, SID, DED, Adendum Amdal.

 

 

 

Statistik Pengunjung

0.png9.png0.png5.png9.png9.png
Today116
Yesterday111
This week425
This month2639
Total90599

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 2 lantai 3 Kawasan PUSPIPTEK

Setu Tangerang Selatan 15314

Telp : (021)75875943 ext. 1123

Fax  : (021)75791280)

Email : sekr-ptrim@bppt.go.id